Bulle's

Bulle's
Lubuak Lasieh

Jumat, 15 Juli 2011

Untukmu Lubuk Selasih Tercinta .




Sejak dilantik 12 Februari 2011 lalu sebagai Kepala Jorong Lubuk Selasih, awal semuanya akan berjalan lancar dan semudah membalik telapak tangan. Namun dalam hidup selalu butuh perjuangan. Dalam rentan waktu lima bulan kami sudah mencoba untuk menyampaikan program-program yang sederhana ke tengah masyarakat.

Pertama masalah air bersih yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Mungkin kondisi ini cukup mengherankan daerah yang banyak memiliki sumber air bersih, ternyata masyarakatnya sangat kesulitan dan tidak mengkosumsi air bersih.

Sebagai langkah antisipasi dalam penanggulangan air bersih, kami sudah mencoba menbangun koordinasi dengan Kapolres Solok. Akhirnya dengan murah hati Kapolres Solok AKBP Ali Absar Said membantu 60 batang pipa paralon SNI dengan total harga bantuan senilai Rp. 15 juta. Lalu juga ditambah Rp. 3 Juta oleh walinagari Batang Barus.

Namun setelah dilakukan gotong-royong oleh masyarakat, air bersih juga belum bisa maksimal. Sampai saat ini masih belum mampu mengaliri tuk kebutuhan rumah tangga,Surau dan Sekolah. Ini menjadi tugas berat kita bersama untuk mencarikan solusinya. Sebab bila masyarakat kita tidak mengkosumsi air bersih, ,mereka akan etrancam oleh wabah penyakit. Terutama sekali anak-anak.

Namun permasalahan ini telah di antisipasi Oleh Pengurus Karang Taruna Silasih Raya yang diketuai Irman Rajo Gandan dan wakilnya Zaijun Efendi akan melepaskan permasalahan air bersih ini, terutama sekali jelang memasuki bulan Suci Ramdhan ini. Kemudian juga bantuan perantau sdr DEL akan membantu kekurangan pipa pada sumber air...Terimakasih buat perantauku...dan Pengurus Karang Taruna Silasih Raya...semoga tetap jaya.

Bangkitkan Semangat Olahraga

Dalam beberapa tahun belakangan nyaris tak ada kegiatan di Jorong Lubuk Selasih, terutama sekali bagi generasi muda. Kerjasama dengan Karang Taruna Silasih Raya kembali membangkitkan semangat generasi muda. Terutama sekali di bidang olahraga voli dan sepakbola. Lapangan sepakbola yang dulunya terhampar indah sudah ditumbuhi semak.Ketika semangat olahraga itu bangkit kembali melalui kegiatan gotong-royong pemuda(i), lapangan hijau itu dapat dimanfaatkan oleh pemuda(i) Khususnya dan masyarakat pada umumnya. Kemudian juga membangun dua unit lapangan bola voli ,yg mana satu di antaranya telah selesai di cor.

Semangat pemuda(i) dan kaum ibu menggebu di bidang olahraga, sebagai perekat silaturrahim juga digelar pertandingan voli dan futsal. Sehingga setiap hari lapangan hijau Lubuk Selasih bagaikan hidup, ramai dikunjungi oleh masyarakat. Bahkan juga ada pecandu olah raga dari luar Lubuk Selasih untuk bermain atau sekedar singgah tuk menikmati suasana keakraban di antara warga jorong lubuk selasih yg penuh dengan canda dan gelak tawa..

Demi kelancaran persepakbolaan(olah raga), partisipasi dan motivasi putra Lubuk Selasih yang berada di perantauan Kalimatan dan Batam, yakni sdr AM yang menggelutu Usaha Rumah Makan Bungo Tanjuang di Banjarmasin sudah mengirimkan satu set pakaian/kostum bola kaki untuk anak usia 15 tahun. Kemudian sdr Nedi yang menggeluti usaha perbengkelan di Pulau Batam juga mengirimkan satu set pakaian. Semoga ini akan semakin menambah motivasi bagi pengurus club, Karang Taruna serta para pebakat persepakbolaan di Jorong Lubuk Selasih untuk lebih giat lagi dalam hal pembinaan olah raga itu sendiri.

Meski kondisi olahraga masih jauh dari kesempurnaan, setidaknya sudah ada langkah untuk melakukan perubaha-perubahan ke arang lebih baik...
Terimakasi perantau, Semoga semakin sukses.  
amin...

Masalah Listrik

Meski Jorong Lubuk Selasih terletak di pusat pemerintahan Kabupaten Solok, namun beberapa dusunnya masih belum dapat dialiri listrik. Kebutuhan listrik di zaman moderen ini juga menjadi kebutuhan pokok manusia. Seperti di Pandakian Dusun Kelok Betung dan Mudiak Air Dusun Simpang Tiga.

Untuk Mudik Air karena kondisi rumah masyrakat yang memiliki jarak berjauhan, saat ini diupaya mengusulkan dengan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH). Untuk perogram ini sebagai penggeraknya adalah Yoga putra Lubuk Selasih (mahasiswa UNAND) yang telah membangun kerjasama dengan pihak universitasnya. Namun untuk kelangsungan program tersebut juga sangat diharapakan partisipasi dan ri masyrakat Jorong Lubuk Selasih. Selain tenaga untuk gotong-royong juga pendanaan untuk pembangunan rumah turbin. Sedang untuk peralatan mesin ,menjadi tanggung jawab Yoga dan kawan-kawan.  (UNTUK ITU KAMI MEMBUKA PINTU UNTUK SELURUH MASYARAKAT JORONG LUBUK SELASIH MERINGANKAN BEBAN TERSEBUT)

Sedangkan untuk penambahan jaringan PLN di Pandakian, saat ini kami sudah mengajukan permohonan untuk program listrik masuk desa kepada PLN Sumbar pada tahun ini. Semoga sampai di penghujung tahun daerah Pandakian juga dapat menikmati listrik..

Bangun Gedung Baru

Saat ini kami sedang giatnya membangun gedung baru TK PERTIWI Lubuk Selasih ,untuk kelangsungan pendidikan anak-anak. Melalui program PNPM-MP tahun ini kami mendapat angggran Rp. 200 juta lebih untuk membangun gedung baru. Gedung yang lama sudah terbongkar. Anggaran tersebut tidak untuk pembangunan fisik semata, juga untuk pengadaan mobiler, mainan dan honor guru. Maka sesuai petunjuk pelaksanaan kegiatan PNPM-MP sangat dituntut angka partisipasi masyarakat. Alhamdulillah sampai hari ini partisipasi masyrakat Jorong Lubuk Selasih cukup membanggakan..

Program tersebut dapat terlaksana dengan kegihihan Kader PNPM-MP di Jorong Lubuk Selasih, yaitu Hera Gustina dan Rosmiati R (Upik). Kemudian dalam pelaksanaan kegiatannya(TPK) dipercayakan kepada Budi Marta sebagai (Ketua), Zaijun Efendi (Sekretaris) dan Rismawati (Bendahara). Alhamdullilah pembangunanTK Pertiwi  yang dilaksanakan di Lubuk Selasih sampai hari berjalan dengan baik. Bahkan untuk pengerjaan kegiatan pembangunan Fisik dalam program PNPM-MP di Kabupaten Solok, di Lubuk Selasih menjadi barometer pengerjaannya. Sebagai kepala Jorong saya sangat memberikan apresiasi kepada Kader, TPK, Pelaku PNPM-MP Kecamatan Gunung Talang dan Kabupaten Solok..

Usulkan Program PAMSIMAS

Tak ada kata terlambat dalam pembangunan, meski terdesak dengan waktu pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Solok, karena dilantik kepala jorong ditahun ini. Maka untuk tahun 2012 Jorong Lubuk Selasih telah mengusulkan kegiatan kepada pengurus Perusahaan Air Minum Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Kabupaten Solok. Semoga untuk tahun depan Jorong Lubuk Selasih menjadi daerah prioriotas dalam program ini/air bersih. Untuk program ini sudah dilakukan sosialisasi di Dusun Rawang yang saat ini masih menjadi kendala untuk mendapatkan air bersih...

Mungkin untuk saat ini hanya itu yang dapat kami sajikan bagi sanak saudara kami, kegiatan-kegiatan selanjutnya juga akan kami informasikan..
Wassalam Masyarakat Jorong Lubuk Selasih...

1 komentar:

Ri Zal mengatakan...

yo tu mpuang......